Cara Backup Stock ROM Android


Download :
  1. King Root - King Root
  2. MTK Droid Tools
  3. SP Flash Tool
  4. USB Vcom Driver
  5. MTK65xx Usb Driver
Tutorial :
  1. Install King Root (harus online)
  2. Pastikan sebelumnya USB Vcom Driver telah terinstall, lalu aktifkan USB Debugging pada menu Developer Options di ponsel Android. Cara umumnya untuk mengaktifkannya pada menu Settings >Developer Options lalu centang USB Debugging.
  3. Jalan kan King Root dan ikuti instruksi nya sampai root ok 100% (harus online)
  4. Hubungkan ponsel ke PC/Laptop dengan menggunakan USB, lalu jalankan program MTK Droid Tools (MTKdroidTools.exe).
  5. Pilih Blocks Map untuk membuat file scatter, lalu save scatter file dimana saja. Setelah itu tutup dulu untuk sementara program MTK Droid Tools. Lalu matikan terlebih dahulu ponsel Android.
  6. Buka program SP Flash Tool (flash_tool.exe). Load scatter file yang baru saja di buat.
  7. Masih pada SP Flash Tool, sekarang pilih tab Readback lalu tekan tombol add, akan muncul baris baru pada tab Readback. Klik 2x pada baris tersebut untuk menyimpan file ROM yang akan kita proses nanti, secara otomatis nanti akan muncul jendela “Readback block start address”
  8. Jangan tutup dulu jendela “Readback block start address”, sekarang buka scatter file yang tadi sudah kita buat menggunakan aplikasi text editor. Setelah dibuka, cari bagian partition_name: CACHE lalu copy nilai hex dari line linear_start_addr tersebut ke kolom Length yang berada pada jendela Readback block start address di program SP Flash Tool, lalu Pilih OK.
  9. Tekan tombol “Read Back” pada aplikasi SP Flash Tool, lalu hubungkan ponsel ke PC/Laptop (dalam keadaan mati) menggunakan USB. Proses Backup Stock ROM atau read back akan segera berjalan, silahkan tunggu sampe ada notifikasi sukses, jika sudah selesai bisa tutup program SP Flash Tool.
  10. Nyalakan kembali ponsel, lalu hubungkan pada PC/Laptop dan buka lagi program MTK Droid Tools. Pilh tab “root, backup, recovery” pada MTK Droid Tools, lalu pilih opsi “To process file ROM_from Flash Tool” akan otomatis terbuka jendela baru, cari file hasil readback (file ROM_0 lalu pilih open, maka secara otomatis proses ekstrak file hasil readback akan segera berjalan.
  11. Saat dalam proses ekstrak biasanya akan muncul jendela untuk membuat file CWM secara otomatis, silahkan pilih “YES” jika ingin membuat file CWM atau pilih “NO” jika ingin melewati proses membuat file CWM otomatis, tetapi disarankan pilih saja “YES”
  12. Tunggu sampai proses ekstrak selesai akan ada tulisan — task is complete — pada line terkahir di program MTK Droid Tools, jika sudah selesai file bisa langsung di gunakan  untuk melakukan flashing.
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

 

Catatan

Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “(Yang membedakan) antara seseorang dan kekufuran adalah meninggalkan shalat”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 340]