Duduk at-tahiyyat awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk
Duduk at-tahiyyat
awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk
عَنْ
اَبِى
حُمَيْدٍ
اَنَّهُ
قَالَ … فَاِذَا
جَلَسَ فِى
الرَّكْعَتَيْنِ
جَلَسَ عَلَى
رِجْلِهِ
اْليُسْرَى
وَ نَصَبَ
اْليُمْنَى،
فَاِذَا
جَلَسَ فِى
الرَّكْعَةِ
اْلأَخِيْرَةِ
قَدَّمَ
رِجْلَهُ
الْيُسْرَى
وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى
وَ قَعَدَ
عَلَى
مَقْعَدَتِهِ.
البخارى، فى
نيل الاوطار
Dari Abu Humaid, ia berkata, "….. Maka apabila
beliau SAW duduk pada dua reka’at, (at-tahiyyat
awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan
apabila duduk pada rekaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau
menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan
beliau duduk pada tempat duduk beliau". [HR. Bukhari, Nailul Authar
juz 2, hal. 306]
عَنْ
عَائِشَةَ
قَالَتْ: ... وَ
كَانَ
يَقُوْلُ فِى كُلّ
رَكْعَتَيْنِ
التَّحِيَّةَ.
وَ كَانَ يَفْرِشُ
رِجْلَهُ
اْليُسْرَى
وَيَنْصِبُ
رِجْلَهُ
اْليُمْنَى.
مسلم
Dari 'Aisyah, ia berkata, "..... Dan adalah beliau SAW membaca
at-tahiyyat pada setiap dua reka’at. Dan beliau duduk
pada kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan". [HR. Muslim
juz 1, hal. 357].
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ
قَالَ: كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ
ص اِذَا
جَلَسَ فِى
الصَّلاَةِ
وَضَعَ يَدَيْهِ
عَلَى
رُكْبَتَيْهِ
وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ
الْيُمْنَى
الَّتِى تَلِى
اْلاِبْهَامَ
فَدَعَا
بِهَا، وَ
يَدَهُ
الْيُسْرَى
عَلَى
رُكْبَتِهِ
بَاسِطُهَا
عَلَيْهَا،
وَ فِى لَفْظٍ
كَانَ اِذَا
جَلَسَ فِى
الصَّلاَةِ
وَضَعَ
كَفَّهُ
الْيُمْنَى
عَلَى
فَخِذِهِ
الْيُمْنَى
وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ
كُلَّهَا وَ
اَشَارَ
بِاُصْبُعِهِ
الَّتِى تَلِى
اْلاِبْهَامَ
وَ وَضَعَ
كَفَّهُ الْيُسْرَى
عَلَى
فَخِذِهِ
الْيُسْرَى.
احمد و مسلم و
النسائى فى
نيل الاوطار
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila duduk
dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya
dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari
telunjuk), lalu beliau berdo'a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada
lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya". Dan dalam satu lafadh,
"Adalah beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat),
meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam
jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang
sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang
kiri pada pahanya yang kiri". [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul
Authar juz 2, hal. 316]
عَنْ
وَائِلِ بْنِ
حُجْرٍ
اَنَّهُ
قَالَ فِى
صِفَةِ
صَلاَةِ
رَسُوْلِ
اللهِ ص:
ثُمَّ قَعَدَ
فَافْتَرَشَ
رِجْلَهُ
الْيُسْرَى،
وَوَضَعَ
كَفَّهُ الْيُسْرَى
عَلَى
فَخِذِهِ وَ
رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى،
وَ جَعَلَ
حَدَّ
مِرْفَقِهِ
اْلاَيْمَنِ
عَلَى
فَخِذِهِ
الْيُمْنَى،
ثُمَّ قَبَضَ
ثِنْتَيْنِ
مِنْ
اَصَابِعِهِ
وَحَلَّقَ
حَلْقَةً،
ثُمَّ رَفَعَ
اُصْبُعَهُ
فَرَاَيْتُهُ
يُحَرّكهُاَ
يَدْعُوْبِهَا.
احمد و
النسائى و
ابو
داود، فى نيل
الاوطار
Dari Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya
Rasulullah SAW, "Kemudian
beliau SAW duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya
yang kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang
kanan pada pahanya yang kanan. Kemudian menggenggam dua jarinya (jari manis dan
jari kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah
dengan ibu jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari
telunjuk), maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo'a dengannya”.
[HR. Ahmad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar juz 2, hal. 315]
Keterangan :
Dalam sanad hadits
Waail ini ada seorang rawi yang dicela, yaitu ‘Ashim
bin Kulaib, namun celanya tersebut tidak sampai menjadikan hadits tersebut
dlaif.
Dengan adanya riwayat
yang berbeda tersebut, yang satu menyebutkan bahwa Rasulullah SAW
menggerak-gerakkan jari telunjuknya ketika tasyahhud, dan yang lain tidak
menyebutkan “menggerak-gerakkan
telunjuknya”, di sini bisa
dipahami bahwa terkadang beliau menggerak-gerakkan telunjuknya, dan
kadang-kadang tidak.
0 Komentar:
Post a Comment